Kamis, 29 Mei 2014

Fakultas Anti Mainstream Dengan Prospek Kerja Bagus

Gambar diambil dari nyunyu.com

Nah ketemu lagi sama postinganku yang lain. Berhubung kemarin kakak kelas XII dapet pengumuman SNMPTN, jadi kepikiran buat nulis artikel ini (meskipun sebenernya copast). Buat kalian yang sudah SMA atau bahkan masih SMP, tidak ada salahnya menentukan fakultas dan PTN mana yang akan kalian pilih dari sekarang. Tapi masih bingung nentuin fakultas? Takut gak diterima karena peminatnya banyak? Atau khawatir gak punya kerja setelah kuliah? Nah berikut ini beberapa fakultas yang bisa dijadikan referensi untuk kalian pilih, yang pastinya anti mainstream dan prospek kerja tinggi. Cekidot~ 


1.  Jurusan Ilmu Perpustakaan
Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) dan terkadang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mungkin kalian pernah menemukan Jurusan Ilmu Perpustakaan.  Apa yang terlintas dibenakmu? Apakah kumpulan manusia berkacamata tebal yang setiap saat membawa buku-buku tebal? Atau bahkan manusia yang kerjanya  hanya nyusun buku aja? Ya, memang begitulah pekerjaan di perpustakaan. Tapi itu dulu.. Mata kuliah yang diajarkan juga berkaitan banyak tentang hukum, matematika, sosiologi, bahkan filsafat ini dikarena lulusan Ilmu Perpustakaan dituntut memiliki wawasan yang sangat luas. Jurusan ini juga dituntut mampu mengelola informasi yang berbasis teknologi sehingga mempelajari pemrograman dan web desain. Jadi, buang jauh-jauh pikiranmu tentang perpustakaan yang membosankan. Di sini saat ini, perpustakaan akan membuatmu betul-betul pintar dan keren.
Prospek kerjanya gak cuma di perpus aja. Kamu bisa jadi document controller, arsiparis, sekretaris, indexer, bahkan jadi programmer. Logikanya, semua perusahaan punya dokumen yang perlu diorganisasi dengan baik. Itu juga ranah lulusan ilmu perpustakaan. Jadi sebenernya lulusan Ilmu Perpustakaan bisa kerja di perusahaan mana aja. Banyak lulusan JIP yang jadi document controller di perusahaan minyak, media TV, sampai intel dokumen rahasia POLRI. Wow :O
Universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan antara lain UI, UNDIP, UGM. UNAIR, UNS, UNPAD, UIN, UT.

2.  Fakultas Kehutanan
Fakultas ini memang ada walaupun tidak sepopuler Fakultas Pertanian. Mau jadi apa kuliah di kehutanan ? Mau tinggal di hutan sama tarzan dan orang utan gitu? Salah, yang pasti jurusan yang satu ini telah menelurkan satu tokoh paling fenomenal saat ini, yaitu Jokowi. Yap, beliau lulusan Kehutanan UGM. Sekali lagi, mau jadi apa kuliah di kehutanan ? Jadi pengusaha mebel seperti Jokowi boleh juga kan ? Hehe. Kalo kamu memang suka tentang sesuatu yang berhubungan dengan hutan (tumbuh-tumbuhan dan segala isi-isinya), dan sangat peduli pada kelestariannya, fakultas ini sangat cocok buatmu. Jurusan pada fakultas ini ada Budidaya Hutan, Manajemen Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan, dan Teknologi Hasil Hutan. Keren kan kerjanya masuk keluar hutan buat penelitian.
Universitas yang menyediakan jurusan Kehutanan antara lain IPB, UGM, Universitas Tanjung Pura, USU, UNLAM.

3.  Jurusan Teknik Perkapalan
Teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik industri. Itu sih udah mainstream dan ngga asing lagi saat ini. Nah kalo Teknik Perkapalan ? Kurang populer ya ? Ehmm, memang iya sih. Tapi sekali lagi saya ingetin, ngga populer bukan berarti ngga asik dan ngga menjanjikan. Prospek kerjanya luar biasa bagus lho. Kamu tahu kan PERTAMINA ? Tahu juga kan PETRONAS ? Pokoknya perusahaan-perusahaan minyak bumi akan sangat butuh jasa lulusan ini untuk membangun oil rig di lepas pantai. Selain itu bisa juga kerja di galangan kapal dan sebagai tukang desain kapal di PT. PAL. Karena peminatnya belum banyak maka otomatis peluang kerja lebih besar karena minim pesaing. Gimana keren kan ?
Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Perkapalan antara lain UI, UNDIP, ITS, PPNS dan UPN "VETERAN" JAKARTA.

4.  Sastra Jawa
Ngga di semua universitas lho jurusan ini ada. Jurusan yang satu ini memang paling langka.Di Jawa sendiri aja, nggak semua Universitas punya jurusan ini. Salah satu universitas yang membuka jurusan ini adalah UI. Sayangnya, banyak banget yang sangat sangat ngeremehin jurusan ini. Padahal jurusan ini menarik banget lho. Kalau kamu tertarik pada Jawa (Budaya dan Bahasa) di sini adalah surganya. Kamu bisa belajar mendalang, main gamelan, tari tradisional, Mata kuliahnya juga seru-seru. Pokoknya sangat macem-macem deh. Terus, kalo udah lulus mau kerja apa ? Kamu bisa kerja di balai bahasa, bisa juga kerja di museum, bisa juga jadi guru, kerja di penerbitan dan percetakan, bisa jadi seniman. Atau paling apesnya bisa jadi instruktur bahasa Jawa di tempat-tempat kursus bahasa.
Universitas yang menyediakan jurusan Sastra Jawa : UI, UNS, UNNES, UGM, UNPAD.

5.  Jurusan Arkeologi
Wah, arkeologi? Ini juga jurusan yang bisa dibilang selain udah langka banget juga miskin peminat. Tapi kalo kamu kuliah di jurusan ini itung-itung kan bisa gantiin indiana jones. Padahal kalau kuliah di sini sebenarnya seru dan menyenangkan karena yang kita pelajari adalah artefak kuno, fosil, prasasti, naskah-naskah kuno, penggalian candi, dipelajari juga tentang hukum, filsafat serta sejarah, dan hal-hal yang berkaitan konservasi budaya juga alam, dipelajari juga tentang sinematografi sebagai bekal untuk merekonstruksi kejadian di masa lampau. Terus, kalau udah lulus mau kerja di mana ? Bisa kerja di museum, pusat perawatan arsip, peneliti di LIPI, bisa juga jadi penulis atau wartawan. Dan kalau agan tertarik bisa studi lanjut S2 Arkeologi dan jadi dosen.
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain UI dan UGM

6.  Transportasi
Transportasi ? Mau jadi sopir kali? Eh, tapi beneran ini jurusan ada kok. Fakultas transportasi terbagi menjadi jurusan Manajemen Transportasi Udara (MTU), Darat (MTD), Laut (MTL), dan manajemen logistik. Kuliah di sini seru banget. Yang dipelajari ya tentu aja tentang lalu lintas manusia, kendaraan, serta barang-barang niaga. Nah, kalo prospek kerjanya ? Tenang aja, kerja di Dephub alias Departemen Perhubungan, nanti kalo di darat ya jadi DLLAJ (Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), kalo di Udara ya kerja di Angkasa Pura atau Gapura Angkasa, kalau Laut kerjanya di Pelabuhan sebagai pengawas lalu lintas pelabuhan. Gimana ? Menarik bukan ?
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain STMT TRISAKTI, IIAM, dan UNJ.

7.  Filsafat

Jurusan filsafat ini juga kurang minat. Ya, ini cukup miris gan. Jurusan filsafat ini bisa menjadi sangat penting pada hampir semua instansi. Sebabnya apa ? Pertama, lulusan filsafat dididik untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, ini sangat penting untuk memecahkan dan pencerah pikiran pada lapangan kerja. Kedua, lulusan filsafat dapat dikatakan manusia yang dituntut untuk "bodoh" sekaligus "sempurna". Maksudnya bodoh karena mereka harus terus bertanya dan mengamati dengan hening segala keadaan. Sempurna karena hasil kontemplasi mereka atas keadaan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kebaikan suatu instansi. Filsafat ini sangat sangat penting. Sayang banget, jarang ada instansi yang merekrut mereka. Atau mungkin instansi-instansi memang belum siap untuk dikuak kebobrokannya oleh kehadiran para filsuf ini ?
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain adalah UI, STF DRIYARKARA, dan UGM.


Tidak ada komentar: